Etika Dalam Sebuah Milis Ketika Terjadi Sebuah Perdebatan

Etika Dalam Sebuah Milis Ketika Terjadi Sebuah Perdebatan


Mata Kuliah : SOSIO DAN ETIKA

MUHAMMAD SYAUQI
2116R1172
STMIK HIMSYA SEMARANG

Soal

           Terjadi suatu perdebatan dalam sebuah milis diantara anggotanya yang akhirnya menjurus pada perdebatan secara individu. Mengingat bahwa milis adalah one to many communication, perdebatan antarindividu tersebut sebenarnya tidak layak untuk dikonsumsi secara umum. Jika hal itu terjadi, langkah apa yang anda lakukan jika berada pada posisi:

1.       Administrator mailing list
2.       Anggota mailing list yang terlibat perdebatan individu
3.       Anggota mailing list yang tidak terlibat perdebatan tersebut

Jawab 
        
          Sebelum Kita menjawab pertanyaan di atas alngkah baiknya kita mengerti terlebih dahulu apa itu milis ?

        Mailing List adalah salah satu fasilitas grup yang mana memungkinkan penggunanya untuk bisa saling bertukar informasi, berita, dan hal lainnya layaknya berdiskusi melalui internet. Mailing list sendiri bersifat terbuka, sehingga siapapun dapat menggunakan dan ikut serta di dalam grup tersebut. Cara kerja dari mailing list sendiri adalah dengan memanfaatkan media email, sehingga setiap anggota dari Mailing List wajib membuat sebuah Email.

1.   Sebagai seorang Administrator mailing list yang harus kita lakukan ketika terjadi sebuah perdebatan oleh sesama anggota mailing list adalah :

        => Menjelaskan beberapa peraturan yang terdapat dalam mailing list dengan cara membuat sebuah teks atau gambar atau notifikasi khusus yang berisi sebuah peraturan dalam grup mailing list sehingga bisa menerapkan "MILIS ONE TO MANY COMMUNICATON"

        => Kita harus terlebih dahulu mencari atau masalah apa yang menjadikan sebuah perdebatan oleh anggota mailing list

        =>  Ketika sudah mengetahui pokok permasalahan nya seorang administrator mailing list harus bisa memberikan sebuah solusi yang baik dari permasalahan tersebut baik di diskusikan dengan anggota mailing list yg lain ataupun di tanyakan kepada orang yang mengetahui bagaimana cara memecahkan masalah tersebut.

         =>  Dalam sebuah perdebatan seorang Administrator mailing list harus memperhatikan pokok bahasa dan perkataan yang di tulis sehingga ketika ada sebuah perkataan yang dapat menjadikan anggota mailing list lain ikut berdebat ataupun marah maka seorang Administrator mailing list harus menghapus perkataan yg di tuliskan tersebut.

        =>   Jika memang perdebatan tersebut masih berkelanjutan maka seorang Administrator mailing list harus memberitahukan agar di teruskan ke jalur chat pribadi antara anggota yang berdebat.

       =>  Yang Terakhir ketika dari kedua belah pihak yang berdebat belum saja berhenti walaupun sudah di peringatkan seorang Administrator mailing list maka seorang Administrator mailing list harus mengambil keputusan untuk mengeluarkan kedua belah pihak yang saling berdebat, karena sudah melanggar etika dalam ber mailing list di sebuah grup ataupun forum karena dapat mengganggu kenyamanan anggota mailing list yang lain.

2.  Sebagai Anggota Mailing List yang terlibat seharusnya bersikap:

      =>  Terlebih dahulu memberitahukan admin mailing list tentang pokok masalah perdebatan, sehingga agar tidak terjadi proses penyalahan admin karena tidak bisa memberikan solusi tentang pokok masalah perdebatan.

      =>  Harus bisa mengontrol emosi dan ego sehingga tidak menyebabkan keluarnya kata-kata kotor yang seharusnya tidak boleh di ucapkan.

      => Lebih etisnya membahas masalah yang menjadi perdebatan tersebut secara langsung dengan menghubungi seseorang yang menjadi lawan perdebatan sehingga tidak mengganggu kenyamanan anggota lain.

      => Memohon maaf kepada anggota mailing list lain karena mungkin mengganggu kenyamanan mereka.

3.  Sebagai Anggota Mailing List yang tidak terlibat perdebatan seharusnya bersikap:

          => Langsung Menghubungi administrator mailing list dengan memberitahukan adanya sebuah perdebatan di dalam grup mailing list.

          => Memberikan sedikit saran dan solusi yang baik tentang masalah perdebatan tersebut kepada anggota mailing list yang terlibat.

          => Menenangkan anggota mailing list yg lain agar tiduk ikut campur ataupun semakin memperkeruh suasana.

          => Menghubungi langsung anggota yang terlibat perdebatan agar tidak meneruskan perdebatan tersebut agar tidak mengganggu anggota grup mailing list yang lain.


        Contoh dari mailing list sendiri adalah group Yahoo, group Google, dan lain sebagainya. Pada dasarnya, ada 2 jenis Mailing list yang sering digunakan saat ini, antara lain adalah:

1. Announcement Type List

              Merupakan proses komunikasi yang ada pada mailing list, namun hanya dilakukan satu arah. Sehingga anggota grup mailing list tersebut tidak memiliki otoritasi untuk bisa membalas pertanyaan. Anggota hanya dapat menerima email atau pesan dari mailing list.

2. Discussion Type List

            Jenis Mailing list yang tipe nya dapat berkomunikasi dua arah. Berbeda dari sebelumnya, tipe ini memungkinkan anggota mailing list lainnya dapat menerima serta mengirim pesan pada sesama anggota grup lainnya.

Manfaat Mailing List

           Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mailing list merupakan sarana atau media komunikasi yang mana beberapa orang pengguna di dalamnya dapat saling bertukar dan berbagi berita, informasi, serta melakukan komunikasi lainnya. Melalui mailing list, penggunanya tak perlu bertemu dan bertatap muka untuk melakukan komunikasi. Dengan adanya mailing list, memungkinkan penggunanya agar dapat berbagi informasi kapanpun dan dimanapun tanpa adanya batasan waktu serta jarak.

Kelebihan dan Kekurangan Mailing List

Berikut ini beberapa kelebihan dari Mailing List, antara lain adalah:

=> Anggota grup mailing list dapat mudah menerima informasi terbaru dari anggota lainnya di dalam grup.
=> Sangat mudah dalam mendapatkan informasi-informasi.
=> Dapat menambah relasi
=> Dapat mendiskusikan sebuah permasalahan yang terjadi dengan mencari jalan keluar yang terbaik

Berikut ini beberapa kekurangan dari Mailing List, antara lain adalah:

=> Kurang praktis, karena pengguna harus membuka email setiap hari agar pesan yang masuk ke dalam email tidak menumpuk.
=> Sistem pengiriman balasan dapat memakan kuota space pada email cukup besar. Hal ini dikarenakan saat mengirim pesan harus disertakan dengan kiriman yang sebelumnya.

      Cara Menggunakan Mailing List

     =>  Pertama kali tentunya anda harus mendaftarkan diri pada grup yang anda minati. Biasanya terdapat pada grup Yahoo atau grup Google.

     =>  Pada saat anda mendaftar, anda akan diminta untuk mengisi database agar semua informasi anggota grup dapat terangkum rapi.

     => Setelah terdaftar, barulah anda bisa mengirimkan pesan ke mailing bila ada sesuatu yang memang ingin anda sampaikan. Setiap anggota mailing list dapat menuliskan apapun yang ingin disampaikan asal informasi tersebut memang akurat dan terpercaya. Informasi tersebut juga bisa dibroadcast kan anggota lainnya.

             Nah itu tadi hasil dari langkah yang penulis ambil tentang Penyelesaian masalah perdebatan yang terjadi di  dalam sebuah forum atau grup dalam Mailing List yang penulis kemas dengan bahasa penulis sendiri dengan tambahan dari beberapa pengertian yang penulis ambil dalam sebuah website di google.

             Semoga dapat Bermanfaat dan menambah wawasan kita semua terutama dalam hal penyelesaian perdebatan dalam grup Mailing List.

        Sumber Tambahan Penulis :

=>  https://www.nesabamedia.com/pengertian-mailing-list/

Related Posts

1 komentar

  1. The Golden Nugget Casino, Henderson - MapyRO
    The Golden 수원 출장마사지 Nugget Casino Hotel 안동 출장안마 is Henderson's newest and best kept secret. The gaming floor boasts more than 200,000 양산 출장샵 square 보령 출장안마 feet of gaming 청주 출장마사지 space,

    BalasHapus


EmoticonEmoticon