18 Soal Dan Jawaban Sistem Enterprise

1.  Mengapa perusahaan membutuhkan supply chain management?

Karena Supplay Chain Management (SCN) adalah strategi management yang berupa serangkaian kegiatan yang menjadi titik tumpu utama dan memiliki peran sangat penting bagi perjalanan perusahaan. Agar terwujudnya pasar yang efektif yg meliputi berbagai hal dari awal proses perancangan, pembuatan sampai ketersediaan produk di setiap lokasi. Tanpa Supply Chain Managemet akan terjadi setiap kesalahan dalam hal produksi dan ketidaktersediaan barang pada waktu yang tepat dan dapat terjadinya penurunan produksi dan minat.



2.  Sebutkan tiga tujuan atau objectives dari supply chain management?

-    Menentukan tingkat outsourcing yang tepat
-    Mengelola pembelian / pengadaan suatu barang
-    Mengelola pemasok
-    Manajemen Resiko

3.  Sebutkan 6 (enam) perusahaan yang telah sukses menerapkan supply chain management?

- PT. CAREFOUR INDONESIA 
- PT. FRISIAN FLAG INDONESIA
- INTEL
- SAMSUNG
- TOYOTA
- UNILEVER

4.  Sebutkan empat  aspek mengapa ERP sangat penting?

- Perencanaan dan manajemen yang terkontrol (planning)
- Akurasi data yang lebih baik (Costing)
- Peningkatan efisiensi dan produktivitas (Forecasting)
- Ekosistem perusahaan yang terintegrasi (integration)

5.  Sebutkan tujuh keuntungan menggunakan ERP ?

1. Integrasi Bisnis & Akurasi Data yang Lebih Baik
2. Standarisasi data dan Informasi
3. Peningkatan Efisiensi dan Produktivitas
4. Pembentukan Standarisasi Prosedur operasi
5. Management Performance
6. Meningkatkan pendapatan
7. Menurunkan biaya komunikasi

6. Menurut Anda, apakah keuntungan terbesar yang diperoleh oleh air asia dengan menerapkan CRM?

Air Asia memiliki CRM dengan strategi pemasaran dan informasi menggunakan WEB yang langsung terintegrasi dengan sistem informasi CRM sehingga dapat memperbaiki
layanan dan memudahkan pelanggan dalam mengakses informasi.

7.   Dari sejumlah dampak positif yang dialami oleh PT. Bentoel dengan menerapkan ERP, manakah yang menurut anda paling penting, sebutkan alasan anda?

Dapat mengetahui profil produk dan value seperti apa yang laku di pasaran, hal ini menjadi sangat penting karena ketika sebuah perusahaan dapat mengetahui produk yang laku dipasaran maka akan mempermudah kita dalam menentukan produk selanjutnya agar bisa menembus pasar dan laku dalam penjualan yg tinggi.

8.  Sebutkan lima tujuan atau objectives dari customer relationship management?

1. Meningkatan hubungan antara perusahaan dengan pelanggan  
2. Informasi yang terintegrasi
3. Mempertahankan pelanggan yang menguntungkan
4. Menghasilkan Konsistensi dalam prosedur  
5. Menyediakan informasi yang lengkap mengenai pelanggan.

9.  Sebutkan empat fitur yang secara umum tersedia pada aplikasi CRM?

-  Customer Relationship Management
-  Customer Service Tracking
-  Sales Force Automation
-  News Service
-  Lead, Reporting, Opportunities

10.  Jelaskan perbedaan antara CRM yang hosted di perusahaan ( on premises ) dan CRM yang berbasis cloud?

On-Premise CRM :
        
- Membutuhkan biaya investasi yang besar
- Pengadaan Inventory dengan biaya 1 waktu
- Harus dipasangi Client System
- Memakan waktu yang lama
- Membutuhkan Tim IT Profesional

Cloud Based CRM :

- Biaya investasi yang lebih kecil
- Menggunakan biaya langganan
- Tanpa harus mengintall sendiri
- Hanya membutuhkan waktu 30 menit
- Hanya butuh Tim IT untuk sekedar Maintenance

11.   Apakah yang dimaksud dengan social CRM?

Social CRM adalah penggabungan sosial media atau jejaring sosial dengan CRM, salah satu strategi bisnis yang menghubungkan elem media sosial ke manajemen hubungan pelanggan sehingga dapat meningkatkan kepuasan dan pendapat pelanggan.

12.   Apakah dua hal utama yang menjadi perbedaan antara CPM dengan Social CRM (Menurut Jacob Morgan)

- CRM yang mengendalikan ekosistem adalah perusahaan/organisasi sedangkan Sosial CRM yang mengendalikan ekosistem adalah cutomer.
- CRM berawal dari perusahaan ke pelanggan atau perusahaan ke mitra sedangkan, Social CRM melibatkan hubungan yang lebih kompleks antara stakeholder

13.   Pada masa sekarang ini apakah sebuah perusahaan cukup menggunakan CRM(tradisional) saja, atauharus menggunakan social CRM? Jelaskan menurut anda?

Pada masa sekarang ini perusahaan harus menggunakan social CRM karena pada masa sekarang ini semuanya sudah bersifat sosial sehingga dengan CRM Social ini diharapkan dapat merubah perspektif lain dengan menentukan tingkat keberhasilan yang dihasilkan dari interaksi CRM.

14. Jelaskan empat langkah dalam proses pelaksanaan Social CRM, beri penjelasan apa yang dilakukan pada setiap langkah?

1. Gamification
Gamification merupakan proses pengaplikasian yang terdapat dalam permainan atau game untuk diterapkan pada segala aktivitas non game.

2. E-mail Marketing
E-mail marketing merupakan proses untuk selalu menjalin hubungan dengan pelanggan dengan comunication menggunakan surat elektronik/E-mail.

3.  Penawaran Ekslusif
Proses penawaran atau biasa disebut dengan promosi yang bersifat ekslusif untuk menjamin kepuasan pelanggan.
4. Sistem Poin
adalah proses reward point yang didapat ketika pelanggan menggunakan produk/layanan kita yang nantinya dapat berupa voucer atau diskon belanja.

15.  Salah satu latar belakang munculnya Social CRM adalah terjadinya pergeseran dari information asymmetry menjadi information democracry, apakah yang dimaksud dengan information asmmetry?
Infomation Asymmetry adalah proses terjadinya jika salah satu pihak dari suatu transaksi memilih informasi lebih banyak dibandingkan pihak lain.

16.   Dalam pengertian information democracy, ada istilah information is ubiquitous? apa maksudnya?

Adalah proses pengambilan dan pertukaran informasi tentang permintaan dan atas kebijaksanaan peserta yang bisa dan kapanpun terjadi dimana saja.

17.   Sebutkan tiga dari lima ciri - ciri social customer, jelaskan?

1. Mereka Knowledge tahu dalam berbagai informasi mengenai produk dan layanan yang hendak dibeli.
2. Terkoneksi satu sama lain dimana mereka menjalin koneksi dengan konsumen lain secara intens, sehingga dapat menjadi konsumen yg loyal.
3. Hukuman yakni bentuk dari iklan-iklan yg tidak sesuai sehingga menimbulkan kekesalan dan berujung pada hukuman atau cap negatif terhadap salah satu brand.
4. Tidak Authentic Data yang ada tidak authentic karena beberapa faktor.
5. Senjata Pamungkas Social customer juga memiliki dua senjata  pamungkas. Senjata pamungkas pertama adalah komunitas yang mereka bentuk baik offline maupun online 

18.  Dengan berubahannnya model marketing tradisional menjadi kompleks, digunakannya media sosial serta penggunaan social CRM, menurut anda, apakah pelanggan diuntungkan atau dirugikan? berikan penjelasan?

Menurut pendapat saya pada saat ini perubahan tradisional marketing model ke kompleks dengan penerapannya social CRM sangat menguntungkan pelanggan karena dengan sosial CRM mereka (pelanggan) mampu melihat produk/layanan yang berkualitas dan tidak sehingga pelanggan merasa puasa.

Related Posts

Comments


EmoticonEmoticon