Perkembangan Teknologi Smartphone Masa Kini

Interaksi Manusia dan Komputer
Dosen Pengampu : Septia Lutfi, S.Kom, M.Kom




Di Susun Oleh :

MUHAMMAD SYAUQI

(2116R1172)



TEKNIK INFORMATIKA
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
HIMSYA
SEMARANG
2018





           Informasi dan Komunikasi menjadi salah satu hal yang sangat penting bagi dunia. Manusia adalah mahkluk sosial begitu membutuhkan adanya komunikasi yang berfungsi sebagai perantara untuk menyampaikan sebuah informasi dari seseorang dan kepada orang lain. Komunikasi yang terjadi secara real time atau langsung dapat berjalan dengan mudah karena dari beberapa pihak bertemu secara langsung sehingga pesan atau informasi dapat tersampaikan dengan baik.

              Smartphone yang biasanya disebut sebagai ponsel pintar menjadi sesuatu yang penting dalam kehidupan sehari hari karena untuk menunjang aktivitas manusia sangat terbantu dengan adanya smartphone, Smartphone dari awal pertama muncul sampai sekarang selalu memperbarui performa serta menambah fitur-fitur yang terbaru agar mampu mengikuti proses perkembangan teknologi dari tahun ke tahun yang begitu cepat dan berkembang.

                 Dengan fitur dan performa yang terus berkembang dan maju smartphone memiliki jangkauan harga yang relatif tidak begitu mahal , bahkan harganya standar ekonomi masyarakat. jadi tidak perlu khawatir untuk harganya, mengikuti perkembangan teknologi terutama smartphone sangat penting karena agar terus bisa mengikuti upgradean terbaru nya.

          Berikut beberapa Perkembangan Teknologi Smartphone masa kini :

1. Improvisasi Desain


        Perkembangan smartphone saat ini sangat bervariasi, yang biasanya terjadi adalah improvisasi dalam hal desain body dan tampilan yang menjadikannya begitu elegan dengan layar, tampilan belakang, Kamera, dll.
                       
                   Contohnya seperti Samsung, Xiaomi, Iphone, Advan Lennovo Para Perusahaan raksasa smartphone sekarang terus bersaing dengan mengeluarkan berbagai versi baru serta improvisasi desain yang mereka lakukan agar lebih menarik pelanggan.

2. Sensor Sidik Jari Di Bawah Layar

            Rumor pemasangan sensor sidik jari langsung di bawah layar pada smartphone sudah berkembang sejak tahun 2017 lalu. Tahun 2018 ini diprediksi akan banyak produsen smartphone yang memasang fitur ini pada gadget andalannya. Nah, dalam rangka memanjakan penggunanya, Beberapa perusahaan raksasa smartphone dikabarkan akan merilis fitur i sidik jari yang makin canggih karena mampu mendeteksi hanya dalam waktu 0,3 detik aja. Top banget, kan? Tinggal kita tunggu saja keluaran inovasi terbaru .

3. Peluncuran Sinyal 5G ata biasa disebut Five G 

            Sinyal 4G LTE menempati kedudukan tertinggi dan bergengsi saat ini. Namun, di tahun ini akan ada pembaruan. Jaringan 5G diproyeksi akan meluncur di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Korea Selatan, Jepang dan China.

            Di Indonesia sendiri sinyal 5 G sudah ada namun belum di implementasikan ke masyarakat luar karena belum siapnya beberapa sarana yang berfungsi untuk menunjang jaringan 5G jadi kita tunggu saja kapan sinyal 5G secara resmi di liris di Indonesia.

4. Augmented Reality (Realitas Buatan/AR).

        Selain kecerdasan buatan, teknologi augmented reality (AR) atau realitas buatan banyak digunakan sejumlah perusahaan teknologi terkenal. Teknologi ini dinilai sebagai hal yang cukup potensial jika digunakan untuk masa depan.

       Untuk mengadopsi Augmented Reality, pengguna hanya memerlukan perangkat yang dilengkapi dengan kamera seperti smartphone. Hasilnya, sejumlah objek imajiner dapat muncul pada layar ponsel setelah pengguna mengaktifkan aplikasi yang sudah mengadopsi teknologi ini.

5. Baterai dengan kapasitas daya yang besar

      Selain fitur, kapasitas daya baterai pada smartphone juga menjadi pertambahan penting. Tahun ini diprediksi akan banyak produsen smartphone yang memasang baterai berkapasitas besar.

     Sayangnya, demi mendapatkan baterai berkapasitas besar, bodi smartphone pun terpaksa dibuat bongsor. Ya, hampir rata-rata smartphone yang ada dengan kapasitas besar punya body yang sedikit lebih besar untuk memberi ruang terhadap baterai itu sendiri. Padahal pengguna butuh ponsel tipis agar mudah dibawa, ramping dan ergonomis supaya gampang masuk saku dan ditenteng ke mana-mana.

6. Kamera Ganda Sekelas DSLR

         Sejak tahun 2017, kamera ganda dengan resolusi tinggi sudah menjadi tren. Menurut pakar gadget, tren ini masih akan berlanjut hingga beberapa tahun ke depan. Bahkan teknologi kamera yang disisipkan pada smartphone akan berkembang semakin canggih layaknya kamera profesional seperti DLSR.

           Xiaomi Mi A2  menjadi salah satu hp Xiaomi dual kamera dengan resolusi 20MP terbaik yang rilis di 2018. Sudah memasang dual kamera belakang dengan konfigurasi 12MP + 20MP. Menariknya lagi, dual kamera ini sudah menggunakan sensor Sony.

       Dimana untuk resolusi 12MP kameranya menggunakan sensor Sony IMX486, sedangkan satu kamera lain dengan resolusi 20MP memakai sensor Sony IMX376  yang akan di dukung aperture f/1.8. Di bagian depan dibekali sensor Sony 20MP dengan aperture f/2.2. Kamera bokeh Xiaomi Mi A2 juga telah menyematkan teknologi Ai yang menawarkan beragam fitur canggih.
       
          Sampai saat ini smartphone terus memperbarui versi dan kelas kamera yang digunakan agar bisa lebih memberikan gambar yg berkualitas baik demi kepuasan pengguna.


7.  Face Recognition

        Menurut para ahli gadget, fitur keamanan berupa Face Recognition atau Face Access yakni teknologi yang menggunakan wajah pengguna untuk membuka layar smartphone akan makin bersinar di tahun 2019, bahkan diprediksi akan banyak digunakan produsen smartphone pada produk terbaru mereka.

          Contohnya Seperti fitur yang ditawarkan oleh Xiaomi pada custom OS yang mereka miliki (MIUI) salah satunya adalah fitur untuk membuka kunci smartphone dengan wajah atau muka kita. Hanya perlu menghadapkan layar (kamera depan) ke wajah kita dan smartphone pun akan terbuka kuncinya (unlock).
          
8. USB Type-C.

               Pada tahun 2018 ini diprediksi bakal lebih banyak smartphone baru yang hadir dengan port USB Type-C. Ini menandakan port USB Micro-B atau 2.0 tak akan lagi menjadi tren dan akan digantikan.

          Pasalnya, dengan menggunakan USB Type-C memiliki beberapa keuntungan, di antaranya bisa digunakan dalam posisi bolak-balik, berbeda dengan 2.0 yang hanya bisa digunakan dalam posisi ke atas. Selain itu, USB Type-C juga diklaim lebih cepat membantu proses transfer dokumen dan bisa mengisi daya lebih cepat, meski tak didukung dengan kemampuan Fast Charging.

          Berikut beberapa Smartphone atau android yang sudah memakai USB Type C :

- Samsung S8
- Xiamomi Mi6
- Google Pixel dan Pixel XL 2
- Oppo R5
- Huawei P9

            Pada masa sekarang ini Smartphone lebih canggih dari pada telepon karena bisa di bawa kemanapun dan bisa membuat pesan singkat melalui (whatsapp dan messenger). Smartphone juga memiliki fitur-fitur yang menarik dan terbarui seperti media hiburan, media bisnis, dan media fashion, dibandingkan telepon yang hanya bisa digunakan di tempat-tempat tertentu seperti di rumah, di kantor, di sekolah.
      
    Dilihat dari perkembangan jaman sangat pesat sekali karena jaman dulu itu hanya bisa menggunakan telepon generasi 1G dan saat ini sudah menggunakan sistem generasi 4G dengan adanya temuan baru generasi 5G.

Related Posts

Comments


EmoticonEmoticon