Sejarah Perkembangan Arsitektur Komputer Serta & PPT


             
      Hello Sahabat Admin kali ini admin akan membagikan informasi dari hasil pembelajaran admin tentang Perkembangan Arsitektur komputer semoga dapat bermanfaat bagi sahabat semuanya >>>>>>

PERKEMBANGAN ARSITEKTUR KOMPUTER

            Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya).
          Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.



                   1. OS AND APLICATIONS

        Sistem operasi adalah program yang paling penting yang berjalan pada komputer. Setiap komputer untuk umum harus memiliki sistem operasi untuk menjalankan program lain. Sistem operasi melakukan tugas-tugas dasar, seperti mengenali input dari keyboard, mengirimkan output ke tampilan layar, melacak file dan direktori pada disk, dan mengendalikan perangkat periferal seperti disk drive dan printer.

          Contoh sistem operasi/operating system :
-DOS
-UNIX
-WINDOWS
MACINTOSH
-LINUX 



                 2. KERNEL

          Kernel merupakan program komputer yang mengatur permintaan akan input/output dari perangkat lunak, dan menerjemahkannya ke dalam instruksi-instruksi pada CPU, ataupun komponen elektronik lainnya dalam sebuah komputer. Kernel merupakan bagian yang sangat mendasar pada sistem operasi komputer masa kini. Tugasnya yaitu melayani bermacam-macam program aplikasi untuk mengakses perangkat keras (hardware) komputer secara aman.


         Penjelasan dari gambar kernel di slide sebelumnya : 
- Kernel monolitik yaitu kernel yang mengintegrasikan banyak fungsi di dalam kernel.
- Kernel Microkernel adalah kernel yang menyediakan sekumpulan kecil dari abstraksi perangkat keras sederhana.
- Kernel Hybrid (modifikasi dari microkernel) adalah memasukkan beberapa kode atau tambahan kode di dalam ruangan kernel suapaya ia menjadi lebih cepat atau untuk meningkatkan performanya.
- Kernel Exokernel adalah kernel yang tidak menyediakan sama sekali abstraksi perangkat keras, akan tetapi ia menyediakan sekumpulan library yang menyediakan fungsi akses ke perangkat keras (hardware) secara langsung atau hampir-hampir langsung.

            3. ASSEMBLER

        Assembly adalah bahasa pemograman terendah kedua (diatas bahasa mesin) yang digunakan dalam pemograman komputer. Bahasa assembly adalah bahasa pemrograman terendah karena masih menggunakan  kode-kode seperti “MOV, MUL, AX, BX” dll.

           Berbeda dengan bahasa pemrograman tingkat tinggi, bahasa assembly atau rakitan biasanya memiliki hubungan 1-1 dengan instruksi bahasa mesin. Misalnya, tiap julukan (mnemonic) yang ditulis di program dengan bahasa rakitan akan diterjemahkan menjadi tepat satu kode operasi yang dapat dimengerti langsung oleh komputer. Pada bahasa tingkat tinggi, satu perintah dapat diterjemahkan menjadi beberapa kode operasi dalam bahasa mesin. Proses pengubahan bahasa rakitan ke bahasa mesin dilakukan oleh assembler, dan proses balikannya dilakukan oleh disassembler.

           4. FIRMWARE
              

              Firmware merupakan software yang mengacu kepada perangkat lunak yang disimpan dalam Memori Read Only atau memori hanya baca. Tidak seperti jenis memori akses acak, Firmware tidak akan berubah meski tidak dialiri oleh arus listrik. Dari mulai komputer startup sampai proses instruksi input/output.
            Modifikasi memang masih dapat dilakukan, namun hal tersebut tergantung dari jenis ROM atau Read Only Memory yang digunakan. Firmware yang telah disimpan dalam ROM tidak dapat diubah, namun Firmware yang disimpan dalam ROM yang dapat diubah seperti EEPROM atau Flash ROM, masih dapat untuk diubah sesuai kebutuhan.
Contoh :Bios,silichon graphics dll.

           5. HARDWARE

         Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan sebelumnya, atau yang disebut juga dengan istilah intruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka perangkat keras tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang dapat di tentukan oleh pemberi perintah.

Contoh Hardware :
CPU
RAM
HARD DISK
MOTHERBOARD
POWER SUPPLAY 
DLL.

                   STRUKTUR ORGANISASI ARSITEKTUR KOMPUTER

        Control Unit
              Unit kontrol (bahasa Inggris: Control Unit – CU) adalah salah satu bagian dari CPU yang bertugas untuk memberikan arahan / kendali / kontrol terhadap operasi yang dilakukan di bagian ALU (Arithmetic Logical Unit) di dalam CPU tersebut. Tugas dari CU : - Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output  - Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama.

          ALU (Aritmetic and Logic Unit)
      adalah komponen dalam sistem komputer yang berfungsi melakukan operasi perhitungan aritmatika dan logika (Contoh operasi aritmatika adalah operasi penjumlahan dan pengurangan, sedangkan contoh operasi logika adalah logika AND dan OR. 
          
                REGISTER
       Register adalah rangkaian logika yang digunakan untuk menyimpan data. Dengan kata lain, register adalah rangkaian yang tersusun dari satu atau beberapa flipflop yang digabungkan menjadi satu.
        DMA (Direct Memory Access) 
       adalah suatu hardware spesial (chip) yang dapat mengontrol aliran bit data antara memory (RAM) dan beberapa controller dari I/O devices tanpa memerlukan interferensi dari CPU secara terus menerus.

SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER 

  Generasi  pertama (1946-1959)
1. Komponen Tabung hampa udara  untuk sirkuitnya
2. Program dalam bahasa mesin
3. Memory menggunakan magnetic core storage
4. Magnetic tape dan magnetic disk
5. Ukuran fisik besar
6. Cepat panas
7. Proses lambat
8. Orientasi aplikasi bisnis
9. Memori kecil
10.Daya listrik besar
  Generasi  Kedua (1959- 1965)
1. Teknologi sirkuit berupa transistor dan diode
2. Menggunakan bahasa tingkat tinggi (COBOL, FORTRAN)
3. Magnetik Core Storage sebagai memori utama
4. Menggunakan eksternal storage (MagneticTape dan magnetic Disk)
5. Ukuran fisik lebih kecil
6. Jutaan operasi per detik
7. Daya listrik lebih kecil
8. Aplikasi bisnis dan aplikai teknis

  GENERASI KETIGA ( 1965 – 1970)
1. Kapasitas memori lebih besar ( ratusan ribu karakter )
2. Penggunaan listrik lebih hemat
3. Menggunakan media penyimpanan luar (disket)
4. Kemampuan melakukan multiprocessing dan multi tasking
5. Harga yang semakin murah
6. Dapat melakukan komunikasi dengan komputer lain
7. Penambahan Software
8. Kecepatan lebih tinggi (10.000 kali dari generasi Pertama)

  GENERASI KEEMPAT(1970-1980)
1. Menggunakan LSI (LARGE SCALE INTERGRATION) Atau BIPOLAR LARGE SCALE 
2. Dikembangkannya Komputer MIKRO Yang Menggunakan Microprocessor Semiconduktor Yang  Berbentuk CHIP Untuk Internal Memori
3. Tampilan monitor masih satu warna (Green Color).
5. Set Instruksi lebih banyak , Addresing lebih banyak.

   GENERASI KELIMA(1980- ?)
1. PC- compatable standard baru PC oleh perusahaan Intel dan Microsoft yg dipelopori oleh W. Bill Gate pioner standard hardware dan software dunia.
2. Mampu menerjemahkan bahasa manusia dan menghemat energi komputer. Sifat ini disebut “Artificial Intelegence”
3. Berbasis pada Graphic User Interface(GUI), multimedia dan multikomunikasi
4. Kecepatan tinggi, kualitas gambar bagus, multimedia,  cerdas.
5. Ukuran kecil dan sederhana kemampuan yg semakin canggih.


   Mungkin itu yang bisa admin berikan buat sahabat admin tentang penjelasan perkembangan arsitektur komputer semoga bisa menambah wawasan kepada sahabat admin semua Salam Sahabat Admin.


DOWNLOAD FILE POWER POINT    LINK1   LINK2

Related Posts

Comments


EmoticonEmoticon